Mengatur Spasi di Ms Word

Cara Mengatur Spasi di Ms Word


Kali ini kita akan belajar cara mengatur spasi di Ms. Word. Spasi yang akan kita bahas pada materi belajar MS Word kali ini adalah spasi baris dalam sebuah dokumen atau line spacing yang berada di pengaturan paragraf.

Fungsi line spacing adalah untuk menentukan jarak antar baris pada dokumen kita. Jadi di sini kita tidak membahas jarak antar kata melainkan jarak antar baris / paragraf. 

Secara default, spasi baris pada MS Word adalah 1.0 atau biasa juga disebut single. Namun sebagian besar dokumen seperti makalah, skripsi, tesis menggunakan jarak spasi 1.5. Sehingga kita harus memahami cara mengubah dari spasi awal 1.0 atau single menjadi spasi 1.5 di Word. Tidak hanya single dan 1.5, ada 6 macam pilihan spasi yang bisa digunakan di Microsoft Word. Mulai dari single, 1.5, double, at least, exactly dan multiply.


Mengatur Spasi di Ms Word melalui Toolbar

Untuk mengatur spasi di Word ada 2 cara yang bisa digunakan yaitu melalui toolbar paragraf dan melalui kotak dialog paragraf. 

Berikut ini cara mengatur spasi antar baris/paragraf di Ms Word

  1. Sorotlah paragraf yang ingin diatur spasi barisnya
  2. Klik menu Home
  3. Klik Line and Paragraph Spacing yang dilambangkan dengan icon teks yang disampingnya terdapat arah atas dan bawah. Maka akan tampil beberapa pilihan jarak spasi yang ada. 
  4. Pilih spasi sesuai kebutuhan misalnya spasi 1.5. Maka otomatis spasi akan berubah sesuai dengan pilihan
  5. Pilihan spasi pada toolbar ada 6. Kita bisa menggunakan 1.0, 1.15, 1.5, 2.0, 2.5 dan 3.0. Semakin besar angkanya menandakan semakin besar jarak spasinya


Mengatur Spasi di Ms Word melalui Kotak Dialog Paragraf

Selain cara mengatur spasi seperti diatas, kita dapat mengatur jarak spasi lebih spesifik lagi dengan memanfaatkan kotak dialog paragraph. Menu tersebut memiliki pengaturan yang lebih lengkap. Kita cukup menyesuaikan apa yang ingin diatur dan berapa jarak spasi baris yang diinginkan. Cara mengatur spasi di Ms Word melalui kotak dialog paragraf seperti dibawah ini :
  1. Blok teks atau paragraf dokumen terlebih dahulu
  2. Klik menu Home
  3. Klik toolbar Line and Paragraph Spacing
  4. Lalu klik Line Spacing Options, maka kotak dialog paragraf akan terbuka
  5. Atur spasi baris melalui kolom Line Spacing, Ubah sesuai keinginan
  6. Klik OK untuk menyetujui pengaturan

Pilihan spasi pada kotak dialog paragraph juga ada 6. Namun di sana kita bisa menentukan nilai dari spasi sesuai dengan keinginan pada kolom At. Dengan begitu, pengaturan yang dilakukan bisa untuk semua keperluan.

Posting Komentar

0 Komentar

Tutup Menu